skip to Main Content
(0752) 484809 satpolppdamkar@padangpanjang.go.id
Damkar Gelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Kebakaran Untuk Masyarakat Sago

Damkar Gelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Kebakaran Untuk Masyarakat Sago

Damkar Gelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Kebakaran Untuk Masyarakat Sago

Padang Panjang, Kominfo – Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam peran sertanya pada penanggulangan kebakaran, peran masyarakat sangat penting disetiap kebakaran yang terjadi, semakin masyarakat mengerti dan mengetahui segala hal tentang kebakaran maka dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisirkan baik harta benda maupun korban jiwa, oleh sebab itu masyarakat harus terus menerus dibekali pengetahuan tentang bahaya kebakaran, cara penanggulangannya dan menghindari perilaku tidak baik dalam sehari-hari.

Maka dari itu Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Panjang memberikan pembekalan bagi masyarakat Komplek Perumahan Sago Residence, Kelurahan Ngalau, Padang Panjang Timur, dengan cara bersosialisasi dan praktek penanggulangan kebakaran didepan halaman Ketua RT 14, Minggu (07/10).

Kasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Jhon Eriko, S.Sos saat membuka secara lansung acara tersebut mengatakan, kebakaran dapat terjadi kapan saja dan apabila tidak tertanggulangi akan mengakibatkan kerugian, baik jiwa maupun harta benda.

“Lewat kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan berdampak pada kenyamanan masyarakat terhadap ancaman bahaya kebakaran,” katanya.

Sangat penting untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, terkait langkah-langkah pencegahan dini sampai tatacara pemadaman dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran, dengan menggunakan alat pemadam secara tradisional serta sistem evakuasi diri/orang dan barang.

“Masyarakat yang mengikuti sosialisasi ini juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana terdekat, seperti karung basah hingga penggunaan tabung pemadam api, “tambahnya.

Dengan hal tersebut diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan juga lingkungan yang harus siap mempersiapkan diri jika terjadi kebakaran.

Bagi manusia dan alam seisinya, pada setiap kejadian kebakaran pasti ditemukan kerugian, baik kerugian langsung seperti hilangnya nyawa, kerusakan barang/materi, maupun kerugian tidak langsung seperti waktu, pikiran dan lain-lain, kebakaran merupakan salah satu musibah, dan pasti memiliki suatu penyebab.

Untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana kebakaran itu terjadi, tentunya dengan mengetahui unsur-unsur apa yang membentuk api, penyebab kebakaran, macam kebakaran, faktor-faktor terjadinya kebakaran, hal-hal yang mendukung penyebaran api, dan bagian – bagian apa saja yang rawan akan terjadi bahaya kebakaran.

Kegiatan berlanjut dengan pelatihan Simulasi Kebakaran dan Penanganan Kebakaran yang dilaksanakan di Depam Rumah Ketua RT 14, Kelurahan Ngalau dengan praktek pemadaman api menggunakan peralatan sederhana terdekat, seperti karung basah, menggunakan peralatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dengan tata cara teknik penggunaannya. (Release Kominfo/Ki)

Back To Top